Mengenal Sekolah Tertua di Dunia Yang Berasal Dari Negeri Tirai Bambu

Seperti pepatah bilang "Tuntutlah ilmu sampai negeri China", berdasarkan fakta pepatah tersebut benar adanya. Di China ada sekolah formal yang merupakan sekolah pertama di dunia, hingga saat ini sekolah ini tetap bertahan bahkan menjadi salah satu sekolah terbaik di China. Wah menarik bukan? 

Wah tentunya seru sekali ni, pepatah diatas perlu kita telusuri dengan seksama agar menambah ranah pengetahuan kita. digisiaga.com kali ini akan membahasnya secara komprehensif mengenai sejarah sekolah pertama di dunia. 

Shishi High School China | Wikipedia.com

Pendidikan pada zaman purba masih sangat primitif, pendidikan pada waktu itu merupakan perilaku yang turun-temurun. Orang-orang purba yang belum mengenal tulisan, mengajarkan anak-anaknya dengan sikap dan perilaku sehari-hari.

Sikap dan perilaku sehari-hari yaitu aktivitas berburu dan meramu. Aktivitas berburu merupakan kegiatan menangkap binatang liar untuk dijadikan sumber makanan. Upaya yang dilakukan oleh manusia purba yaitu dengan cara melempar dengan batu, memanah, menombak, atau menangkapnya secara langsung dengan tangan kosong.

Sedangkan meramu merupakan aktivitas mengumpulkan buah-buahan, pucuk tumbuhan, dan aneka jenis material yang disediakan oleh alam. Mereka memakannya langsung atau mencampurnya untuk mendapatkan makanan yang lebih baik.

Siswa Shishi High School | Wikimedia.com

Aktivitas ini yang diajarkan anak-cucunya, mulai dari dasar-dasar pengetahuan berburu dan meramu hingga anak-cucu mereka dapat menggantikan peran dari orang tua manusia purba. Aktivitas ini dilakukan secara turun-temurun yang menjadi kebiasaan manusia purba di wilayah tertentu. 

Jejak sejarah dari manusia purba banyak ditemukan pada peninggalan sejarah atau artefak yang selama ini kita ketahui seperti lukisan di dinding goa, tombak batu, beliung, dan lain-lain. Namun seiring perjalanan waktu muncul peradaban yang sudah maju seperti peradaban sungai Eufrat-Tigris, Mesir, Romawi, Mohenjo-Harappa, dan lain-lain. Peradaban ini sudah sangat canggih, bahkan hingga kini banyak ilmuwan yang belum memecahkan kecanggihan peradaban tersebut. 

Salah satu kecanggihan yang masih menjadi misteri saat ini adalah Bangunan Piramida. Masih menjadi perdebatan mulai dari cara membangunnya, bentuknya, susunan batunya, rahasianya, bahkan misteri yang sangat banyak hingga kini yang belum terpecahkan. 

Sekalipun peradaban diatas sangat hebat akan tetapi proses pendidikannya masih menjadi misteri dan para ahli menganggap pendidikan pada masa tersebut merupakan pendidikan non formal. Pendidikan non formal ini merupakan pendidikan yang belum terstruktur baik jenjang maupun kurikulumnya. Sedangkan pendidikan formal adalah kebalikannya, yaitu ada jenjang pendidikan dan kurikulum yang jelas.

Maka dari situ para ahli sejarah sepakat bahwa pendidikan formal yang pertama di dunia ada di China, nama sekolahnya adalah Shishi High School - China. 

Sekolah ini didirikan pada tahun 141-143 Sebelum Masehi (SM). Sekolah Shishi High School dibangun oleh Gubernur China yang bernala Wen Wang. Dulu kala sekolah ini sempat mengalami kebakaran hebat, sekolah ini pun mengalami pemugaran pada tahun 194 M tepatnya pada saat Dinasti Ming.

Pada tahun 1902 Shishi High School diresmikan menjadi sekolah modern. Berselang dua tahun kemudian sekolah ini dijadikan sekolah menengah atas di China. Shishi High School saat ini memiliki sekitar 300 orang tenaga pendidik dan 3.000 orang siswa sekolah menengah atas yang berusia 16-18 tahun.

Adapun alamat sekolah ini adalah:

Jl. Wenmiao Fort 98, Qingyang District, Chengdu, Sichuan - Tiongkok - Kode Pos 610093
Tlp. +86 288611 11271

Post a Comment for "Mengenal Sekolah Tertua di Dunia Yang Berasal Dari Negeri Tirai Bambu"