Langkah Mudah Membuat Kuis Menggunakan Mentimeter, Belajar Menjadi Asik dan Menyenangkan

Pendidik tentunya bekerja keras untuk dapat menemukan cara yang efektif untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. Dari sisi peserta didik, mereka paham dan mendapatkan pengalaman belajar yang tak terlupakan. Sedangkan dari sisi pendidik, mendapatkan cara yang efektif dan efisien.

Nah untuk media pembelajaran itu sendiri menurut para ahli yaitu: alat yang mampu membantu proses belajar mengajar serta berfungsi untuk memperjelas makna pesan atau informasi yang disampaikan, sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah direncanakan. Surayya (2012).

Sedangkan menurut Heinic, Molenida dan Russel (1993) bahwa media pembelajaran adalah teknologi atau media pembelajaran sebagai penerapan ilmiah tentang proses belajar pada manusia dalam praktis belajar mengajar.

Ilustrasi Kuis | Pexels.com


Menurut Ali (1992), media pembelajaran adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat memberikan rangsangan untuk belajar. 
Dapat disimpulkan pendapat para ahli diatas bahwa media pembelajaran merupakan alat yang meliputi:
  • Alat bantu dalam proses belajar mengajar
  • Berfungsi untuk memperjelas makna
  • Jenisnya baik yang biasa tradisional maupun berbasis teknologi
  • Menarik bagi peserta didik
Sedikit membahas alat itu sendiri sebetulnya memiliki pengertian yang luas yaitu alat yang berbentuk benda fisik maupun non fisik (sistem dan aplikasi). Namun kedua jenis ini dapat dimanfaatkan untuk mendukung proses belajar mengajar yang baik.

Halaman depan Menti

Pertanyaan yang sering kita ajukan, apa ciri-ciri media pembelajaran yang menarik dan baik bagi peserta didik. Memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

1). Fiksatif
Memiliki manfaat menggambarkan, menyimpan, dan mengingatkan objek atau tujuan dari pembelajaran tersebut. Bahasa lainnya berkesan dan membangkitkan daya ingat (memorable)

2). Manipulatif
Dapat mentransformasi suatu peristiwa atau objek dengan holistik (menyeluruh, utuh). Contoh yaitu tumbuh kembangnya kecambah. Maka pendidik dapat menyajikan sebuah video singkat (time-lapse) dari kecambah tersebut, sehingga peserta didik memahami dari awal hingga akhir walaupun durasi videonya singkat.

3). Distributif
Media pembelajaran dapat diterima oleh semua peserta didik sehingga mereka mendapatkan pengalaman belajar yang sama.

Menurut Mudlofir (2012), lebih jelas lagi dibahas mengenai bahan ajar yang baik itu memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Menimbulkan minat baca
  2. Ditulis dan dirancang untuk siswa (peserta didik)
  3. Menjelaskan tujuan istruksional
  4. Disusun berdasarkan pola belajar fleksibel
  5. Struktur berdasarkan kebutuhan siswa dan kompetensi akhir yang dicapai
  6. Memberi kesempatan pada siswa untuk berlatih
  7. Mengakomodasi kesulitan siswa
  8. Memberikan rangkuman
  9. Gaya penulisan komunikatif dan semi formal
  10. Kepadatan berdasarkan kebutuhan siswa
  11. Dikemas untuk proses instruksional
  12. Mempunyai mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari siswa
  13. Menjelaskan cara mempelajari bahan ajar
Sedangkan menurut Furqon (2009), bahan ajar yang baik adalah bahan ajar yang memiliki kriteria sebagai berikut:
  • Substansi yang dibahas harus mencakup sosok tubuh dari kompetensi atau sub kompetensi yang relevan dengan profil kemampuan tamatan.
  • Substansi yang dibahas harus benar, lengkap dan aktual, meliputi fakta, prosedur, istilah dan notasi serta disusun berdasarkan hierarki/step penguasaan kompetensi.
  • Tingkat keterbacaan baik dari segi kesulitan bahasa maupun substansi harus sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didik.
  • Sistematika penyusunan bahan ajar harus jelas, runtut, lengkap dan mudah dipahami.

Diharapkan dengan media yang tepat dapat meningkatkan minat peserta didik untuk belajar. Tujuan akhirnya yaitu bermanfaat bagi peserta didik. Kriteria manfaat bagi peserta didik menurut Fathurrohman (2009) adalah:
  • Menarik bagi peserta didik
  • Membantu mempercepat pemahaman
  • Memperjelas penyajian pesan agar tidak bersifat verbalistis (hanya dalam kata-kata atau tulisan semata)
  • Mengatasi keterbatasan ruang
  • Pembelajaran lebih komunikatif dan produktif
  • Waktu pembelajaran bisa disesuaikan
  • Menghilangkan kebosanan pada siswa dan meningkatkan motivasi siswa
Berdasarkan penjelasan dari para ahli diatas, sebagai peserta didik harus memiliki kreativitas dan mengadaptasi kondisi saat ini. Salah satu yang akan diangkat dalam pokok bahasan kali ini yaitu kita akan membuat media pembelajaran yang berbasis web yaitu Mentimeter

Mengapa Mentimeter? Seperti kita ketahui internet sudah masuk dari kota hingga desa, dari Sabang hingga Merauke. Peserta didik dari TK hingga SD sudah tidak asing lagi dengan HP. Bahkan sebagian masyarakat sudah memperkenalkan sangat dekat dengan gadget dan aplikasi untuk balitanya sebagai contoh Youtube Kids.

Kondisi saat ini sudah tidak asing lagi dengan internet dan gadget. Mentimeter ini salah satu alternatif media pembelajaran yang berbasis teknologi, gadget, dan internet. Kemudahan dalam menggunakannya akan mudah diakses oleh siswa. Akan tetapi pendidik harus memastikan peserta didik mana yang akan kita tetapkan menjadi target pembelajaran menggunakan Mentimeter ini.

Agar lebih tepat mari kita batasi peserta didik yang akan kita tetapkan sebagai targetnya adalah level SMP dan SMA. Siswa ini sudah sangat familiar dengan gadget dan internet, bahkan sebagian siswa sudah memiliki hp masing-masing setelah melewati masa-masa pandemi dan mengikuti program sekolah virtual. 

Pemahaman dasar mengenai Mentimeter itu sendiri:
  • Sistem interaktif yang berbasis web, pendidik dapat mengunjungi situs www.mentimeter.com
  • Terdapat dua aplikasi yang digunakan 1). Aplikasi yang digunakan oleh admin yaitu www.mentimeter.com untuk mengisi materi atau kuis yang akan diberikan kepada peserta didik. 2). Peserta didik akan menggunakan www.menti.com untuk mengikuti kuisnya dengan kode diberikan untuk login (bergabung).
  • Mentimeter memiliki dua pilihan yaitu akun free (gratis) dengan limitasi 5 pertanyaan atau akun premium (akun berbayar) tanpa ada pembatasan selama aplikasi tersebut menyediakan.
  • Dijalankan secara online (wajib menggunakan internet)
  • Interaktif bersifat kompetisi
  • Pengelolaan data sangat mudah
Langsung saja kita mencoba menuangkannya ya, buka alamat www.mentimeter.com dan rekan-rekan akan dihadapkan dengan menu sebagai berikut:

Masuk Menti

Tiga alternatif untuk mendaftar akun Mentimeter: menggunakan Facebook, akun google, dan e-mail. Registrasi yang paling mudah dapat menggunakan akun Google. Rekan-rekan langsung saja klik menu Sign up with Google, otomatis akan langsung masuk ke menu izinkan - langsung izinkan - dan menu utama Mentimeter akan terbuka.

Menu dan fungsinya:
  • Upgrade: menu untuk mendaftar akun premium
  • Profile (gambar orang): profil kita dan menu untuk mengupdate informasi
  • My presentation: daftar konten (isi Mentimeter)
  • New presentation: untuk membuat konten baru (materi baru)
  • New folder: untuk membuat folder jika filenya banyak agar mudah mengelompokan
  • Templates: menu untuk memilih tema yang diinginkan
  • Tutorials: panduan penggunaan
Langsung saja kita mencoba membuatnya:

Halaman pembuatan soal Menti

Rekan-rekan dapat mengisi judul yang sesuai, contoh: "Prediksi Krisis Ekonomi 2023"
Selanjutnya klik "Create presentation"

Adapun keterangan yang perlu rekan-rekan ketahui adalah:
  • Slide type: untuk memilih jenis halaman yang ditampilkan, menu yang umum dipilih adalah Multiple Choice, tapi untuk Kuis kita pilih Select Answer
  • Content: isikan pertanyaan, kemudian isikan jawaban (dengan menekan tombol add option)
  • Isikan pilihan jawaban bisa 2 jawaban dan seterusnya hingga 5
  • Berikan tanda centang untuk jawaban yang benar
Rekan-rekan dapat mencobanya dengan mengklik menu Present, yang ada di pojok kanan atas. Saat klik menu Present rekan-rekan akan dihadapkan dengan 2 menu yaitu Present away (langsung tampilkan) dan Add Leaderboard.

Add Leaderboard: menu untuk menampilkan peserta paling tinggi nilainya berdasarkan urutan tertinggi. Urutan tertinggi ini dihitung berdasarkan ketepatan dan kecepatan menjawab.

Rekan-rekan langsung menginstruksikan peserta didik untuk bergabung kedalam Kuis:
  • Masuk ke menu: scan QR Code, menggunakan link, atau dengan memberikan kode seperti di atas: 46132932
  • Pastikan seluruh peserta didik masuk ke alamat: www.menti.com
  • Rekan-rekan menunggu hingga batas waktu yang ditentukan.
QR untuk Joint Menti

Seperti penjelasan di atas rekan-rekan dapat memberikan link atau download QR Code-nya. Link dapat dikirim ke grup WhatsApp atau lainnya. Sedangkan QR Code dapat ditampilkan di slide infocus.

Jika rekan-rekan memilih menu QR Code, maka rekan-rekan langsung dihadapkan kepada menu sebagaimana terlampir. Rekan-rekan langsung klik download as image saja, QR Codenya akan langsung masuk ke folder.

Saatnya rekan-rekan melihat dari sisi peserta yang mengikuti kuis Mentimeter ini. Pastikan setiap peserta sudah bergabung dan kondisi internet dalam keadaan stabil.

Peserta didik langsung mengisi kode yang diberikan panitia. Setelah diisikan maka peserta didik akan dihadapkan dengan menu untuk mengisikan namanya. Aturan untuk mengisikan namanya harus dilakukan dengan tegas "Jangan menggunakan nama samaran". Hal ini dilakukan untuk memudahkan melakukan tracking.

Jawaban Menti


Jika peserta sudah bergabung dengan Menu Mentimeter, maka di layar admin / panitia akan muncul tampilan sebagai berikut:

Admin / Panitia langsung saja memulai kuisnya. Pada saat memulai kuisnya maka akan tampil hitungan mundur (Countdown) di hp peserta kuis. Dari sisi peserta kuis, mereka dapat mempersiapkan jawaban yang tepat & paling cepat.

Ingatkan selalu poin yang besar adalah mereka yang dapat menjawab dengan tepat dan tercepat.

Jika peserta kuis banyak maka akan nampak posisi mereka yang menjawab sebagaimana gambar di atas.
Setelah menu ini akan langsung dilanjutkan ke menu Leaderboard (peringkat tertinggi).

Jika soal telah selesai maka menu Leaderboard akan otomatis menunjukan siapa dari peserta tersebut yang menjadi juara 1 - 3 (juara satu sampai tiga).

Sedangkan tampilan di HP sebagaimana dibawah ini. Admin / Panitia segera menginstruksikan kepada peserta didik untuk mengisi Screenshot dari hp masing-masing juara 1 - 3. Ini sebagai bukti pencapaiannya, jika ada hadiah yang ingin diberikan, maka Admin / Panitia akan lebih mudah memberikannya.

Halaman di atas dapat dishare oleh peserta didik kepada Admin / Panitia sebagai bukti pencapaiannya juara.

Bagaimana rekan-rekan sudah selesai kita memberikan simulasi penggunaan Mentimeter untuk Kuis sekaligus ice breaking. Media belajar ini tidak serta merta juga dapat diterapkan disetiap tempat, rekan-rekan dapat menyesuaikan sesuai dengan potensi masing-masing daerah.

Leaderboard Menti


Jika rekan-rekan menggunakan Mentimeter yang premium maka rekan-rekan dapat menampilkan slide materi layaknya Power Point. Kemudian dari slide tersebut dapat berinteraksi langsung dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan secara online dari Mentimeter ini. Slide by slidenya akan berkesinambungan dan diakhir sesi akan muncul nilai siapa yang paling tinggi.

Winner Menti

Seru sekali bukan rekan-rekan, selamat mencoba.

Post a Comment for "Langkah Mudah Membuat Kuis Menggunakan Mentimeter, Belajar Menjadi Asik dan Menyenangkan"