Referensi 5 SD Favorit di Kota Banda Aceh Yang Dapat Kalian Pilih Untuk Menimba Ilmu dan Menyongsong Masa Depan

Kota Banda Aceh merupakan ibu kota Provinsi Nanggroe Aceh Dasussalam. Banda Aceh berdiri sejak Kesultanan Aceh Darussalam. Menurut informasi yang berkembang kota ini dibangun di atas puing-puing kerajaan Hindu dan Budha pada abad ke-14.

Kerajaan Hindu dan Budha tersebut diantaranya adalah Indra Purwa, Indra Purwa, Indra Patra, dan Indra Patra. Salah satu peninggalan dan bukti sejarah berdirinya Kerajaan Aceh yaitu Mesjid Indra Pura yang berada di atas bangunan bekas bangunan Hindu.

Banda Aceh sendiri merupakan pusat pemerintahan Kesultanan Aceh yang berlokasi di Kuta Raja. Hal ini pun dibenarkan oleh berita dari China yang pernah menjalin kerjasama dengan Kesultanan Aceh. Buktinya dapat dilihat di Musium Aceh, sebuah lonceng Laksamana Cheng Ho.

Kuliner Banda Aceh pun sangat terkenal seperti Kupi Aceh (Kopi Aceh), Mie Aceh, Gulai Kambing, Rujak Aceh, Sayur Pliek Ue, dan Sate Matang. Selain kulinernya Banda Aceh juga memiliki destinasi wisata yang layak Anda kunjungi seperti Masjid Baiturrahman, Masjid Baiturrahim, Pantai Lampuuk, Pantai Lhoknga, bergeser ke ujung Pulau Sumatra (Pulau Sabang).

Setelah kita mengenal sekilas mengenai profil Kota Banda Aceh, kita langsung kepada pokok bahasan yaitu membahas mengenai Sekolah Dasar favorit yang ada di Banda Aceh. Sekolah formal di Banda Aceh sebetulnya mulai digalakan setelah kemerdekaan RI. Sebelum kemerdekaan sekolah di Banda Aceh lebih didominasi oleh pesantren. 

Sekolah di Banda Aceh sendiri tidak kami bedakan mana negeri ataupun swasta, namun kami sajikan berdasarkan peminat, akreditasi, dan persepsi masyarakat. Namun ada beberapa sekolah yang kami cantumkan belum mendapatkan akreditasi sehubungan sekolah tersebut masih baru dan sedang proses akreditasi.

Nah sekolah apa saja yang dapat Anda pilih untuk putra-putri tercinta, berikut pembahasan 5 sekolah favorit versi www.digisiaga.com:

1. SD Al Azhar Cairo
SD ini merupakan sekolah swasta yang bekerjasama dengan Yayasan Al Azhar Cairo - Mesir. Sekolah ini berdiri setelah tragedi Tsunami Aceh. Sekolah ini tepatnya berdiri sejak tahun 2007, Alamat lengkapnya sebagai berikut:
Jl. Mutiara Dusun Lamnyong II Desa Lamgugop Kecamatan Syiah Kuala - Kota Banda Aceh
Tlp. 0651 - 7551619
FB: SD Islam Al Azhar Cairo Banda Aceh - @alazhar.sdit

Al Azhar Cairo Banda Aceh
Pendidikan berbasis Islam terpadu yang dipadukan dengan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) yang berkembang saat ini. Siswa SD didorong lebih mandiri dengan metode pengajaran satu kelas dibimbing oleh dua guru.

Untuk siswa SD kelas 5 ke atas, dalam kegiatan belajar-mengajar dibekali dengan tablet. Hal ini memudahkan untuk mengakses berbagai informasi berdasarkan web base. Semua tertuang berdasarkan e-learning. 

Siswa dapat belajar di manapun dan kapanpun, sekolah tidak membatasi akses belajar siswa. Selain daripada itu lokasinya yang strategis, setiap sekolah (tingkatan mulai dari SD, SMP, dan SMA) memiliki lokasi gedung yang berbeda. Hal ini memudahkan untuk melokalisir kegiatan belajar-mengajar yang lebih kondusif dan terukur.

Biaya pendidikan di sekolah ini tergolong kelas premium, diperkirakan biaya pendidikan per bulannya (di luar biaya bangunan, seragam, dan buku) > 2 juta. 


2. Fatih Bilingual School
Sekolah ini didedikasikan oleh Pemerintah Turki untuk masyarakat Banda Aceh. Seperti SD Al Azhar Cairo sekolah ini pun didirikan pasca bancana Stsunami, yaitu pada tahun 2005. Uniknya sekolah ini antara laki-laki dan perempuan lokasinya di pisah. Alamat lengkap sekolah ini adalah:

Fatih Bilingual School Boys
Jl. Sultan Malikul Saleh, No. 103, Bandaraya, Lamlagang, Lam Lagang, Banda Raya, Banda Aceh  23239
Tlp: (0651) 635575

Fatih Bilingual School Girls
Jl. Teuku Nyak Arief No. 1 Lamnyong, Banda Aceh
Tlp: 085260209050

Fatih Bilingual School
Keunggulan seko di sini, siswa setiap harinya berkomunikasi dengan dua bahasa yaitu Bahasa Inggris dan Arab, selain Bahasa Indonesia. Selain daripada itu sekolah ini juga fokus kepada pelajaran yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari seperti Matematika dan IPA (Biologi, Kimia dan Fisika).

Staf pengajarnya pun didatangkan dari Turki atau luar negeri untuk memperdalam proses pengajaran yang efektif. Selain daripada itu kurikulum yang dipakai merupakan penggabungan antara kurikulum lokal dengan internasional yang sesuai dengan anak.

Sekolah ini pun tergolong sekolah premium, dimana biaya pendidikan (selain biaya buku, seragam dan bangunan) berkisar > 2 juta per bulan. 


3. SD Negeri 29
Salah satu Sekolah Dasar Negeri yang memiliki kualitas baik yaitu SD Negeri 29. SD ini menjadi salah satu pilihan sekolah dasar yang ada di Banda Aceh. Masyakatat Banda Aceh meyakini sekolah ini memiliki pengajaran dan lulusan yang baik.

Banyak alumni yang diterima di SMP favorit. Sekolah ini beralamat:
Jl. Singgahmata Sukaramai Sukaramai Baiturrahman Kota Banda Aceh
SDN 29 Banda Aceh
Sekolah ini memiliki akreditasi A dengan lokasi yang strategis.


4. SD Negeri 67 Percontohan 
Sekolah ini merupakan sekolah yang dibentuk sebagai percontohan yang ada di Kota Banda Aceh. Berbagai fasilitas dihadirkan untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas. Sekolah ini merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap perkembangan pendidikan di Banda Aceh.

SDN 67 Banda Aceh
Sekolah ini beralamat:
Jl. Sultan Malikul Saleh, Lorong. Hka. Jalil No. 3 Lam Lagang Banda Raya Kota Banda Aceh 23122
Tlp (0651) 635179

Seperti sekolah negeri biasa sekolah ini mendapatkan subsidi dari pemerintah termasuk BOS (Bantuan Operasional Sekolah).


5. SD IT Quantum
Sekolah ini merupakan pendatang baru di dunia pendidikan yang memadukan bakat dari anak yang bersangkutan. SD ini fokus kepada kemampuan dalam hal public speaking, entrepreneur, dan kemampuan menulis.

Sekolah ini beralamat di:
Jl. Lam Lagang, Banda Raya, Kota Banda Aceh, Aceh 23122 
Tlp. 0651 - 43395
FB: Quantum School Aceh

SD IT Quantum
Sekolah ini mengutamakan potensi yang dimiliki oleh masing-masing anak. Saat anak melakukan pendaftaran mereka akan diperiksa dengan sidik jari dan metode interview untuk mengetahui bakat yang dimilikinya.

Setelah itu mereka akan dikembangkan potensinya tersebut agar berkembang maksimal. Metode pengajaran lebih diutamakan secara intra personal, dimana dalam kelas dibatasi 20 siswa yang dibimbing oleh dua orang guru. 

Sekolah ini tergolong sekolah medium, dimana biaya pendidikan (selain biaya buku, seragam dan bangunan) berkisar > 500 - 1 juta per bulan. 

Post a Comment for "Referensi 5 SD Favorit di Kota Banda Aceh Yang Dapat Kalian Pilih Untuk Menimba Ilmu dan Menyongsong Masa Depan"