Nilai UTBK SMA Terbaik Tahun 2022, Apakah Sekolah Kalian Ada di Sini?

UTBK - Ujian Tulis Berbasis Komputer. Tentunya kalian sudah tidak asing lagi ya, karena UTBK sudah berjalan sejak tahun 2018 (luar biasa sudah 5 tahun loh). Sebelum tahun 2018 saudara, atau bahkan orang tua kita sendiri mengerjakan soal dengan pulpen atau pensil 2B. 

Seiring berjalan waktu semua berubah mengadopsi teknologi yang canggih berbasis komputer dan internet. Ini merupakan harapan baru dimana kedepannya bisa dilakukan dengan lebih cepat, tepat, serempak, dan hasilnya dapat dipertanggung jawabkan.

UTBK sendiri terus mengalami perkembangan yang signifikan, sejak tahun 2019 diselenggarakan oleh LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi). Lembaga ini sekaligus menyiapkan peserta didik untuk mengikuti pendaftaran perguruan tinggi, penjadwalan, pengolahan data, pengumuman hingga melakukan evaluasi terhadap kinerja UTBK itu sendiri.

Ilustrasi belajar di kelas | Pexels.com

Teman-teman dalam UTBK itu sendiri dibagi menjadi tiga kelompok utama yaitu Sains dan Teknologi (Saintek) bagi kalian yang berasal dari jurusan IPA, Sosial dan Humaniora (Soshum) bagi kalian yang berasal dari IPS, dan Campuran (gabungan antara Saintek & Soshum) ini dapat diambil oleh kalian dari jurusan IPA atau IPS.

Untuk materi ujian dari UTBK itu sendiri terdiri dari:
  • TPS (Tes Potensi Skolastik)
  • TKA (Tes Kompetensi Akademik) ada pengecualian pada UTBK tahun 2020 karena kondisi sedang pandemi
Tentunya kalian bertanya-tanya apa itu TPS? TPS merupakan tes yang bertujuan untuk mengukur kemampuan kognitif kalian. Diantaranya adalah kemampuan penalaran umum, pemahaman, dan kemampuan menyelesaikan soal-soal yang telah dipelajari dibangku SMA.

Sedangkan TKA adalah tes yang dilakukan untuk mengukur kemampuan berpikir siswa yang sangat dipengaruhi oleh kapasitas berpikir, pengalaman di dalam maupun di luar sekolah. Tiga syarat utama tes ini adalah kemampuan verbal, kemampuan numerik, dan figural. 

Kemampuan verbal adalah kemampuan pemahaman dan bernalar dengan menggunakan bahasa, kemampuan numerikal merupakan kemampuan pemahaman dan bernalar dengan menggunakan angka-angka, dan kemampuan figural merupakan kemampuan pemahaman bernalar dengan menggunakan gambar.

Pertanyaan selanjutnya apa sih tujuan dari UTBK ini? 
UTBK bertujuan untuk memprediksi calon mahasiswa atau mahasiswi dalam menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu. Ini merupakan salah satu pendekatan yang sejalan untuk mendukung pendidikan yang tepat bagi kalian semua saat menduduki bangku perkuliahan.

Pertanyaan selanjutnya apa sih perbedaan antara UTBK dan SBMPTN?
SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), nama sebelumnya yaitu SNMPTN (Seleksi Nasional Perguruan Tinggi Negeri). Pengertian saat ini SBMPTN ini ujian masuk perguruan tinggi berdasarkan tes, sedangkan SNMPTN merupakan seleksi masuk perguruan tinggi berdasarkan jalur prestasi (undangan).

SNMPTN dan SBMPTN merupakan proses seleksi selanjutnya dimana syarat utama kalian sudah menyelesaikan UTBK. Untuk SNMPTN biasanya dilakukan seleksi pada bulan Januari - Februari setiap tahunnya. Sedangkan SBMPTN tesnya berlangsung pada bulan Mei - Juni setiap tahunnya. 

Gimana kalian sudah paham kan apa itu UTBK, SNMPTN, dan SBMPTN. Saatnya kita langsung membahas SMA mana sih yang memiliki nilai tertinggi dalam menyelesaikan UTBK tahun 2022. Barangkali dari kalian sekolahnya ada pada list di bawah ini. Langsung saja kita bahas bersama:

1). MAN Insan Cendekia Serpong

Status: -
Jenis sekolah: MAN
Alamat lengkap: BSD Sektor XI Jl. Cendikia, Ciater, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan - Banten 15310



2). SMA Katolik St. Louis 1

Status: Naik 11 peringkat dari tahun sebelumnya
Jenis sekolah: SMA
Alamat lengkap: Jl. Polisi Istimewa No. 7 Keputran, Kecamatan Tegalsari, Kota Surabaya - Jawa Timur 60265


3). SMA Pradita Dirgantara

Status: -
Jenis sekolah: SMA
Alamat lengkap: Komplek Bandara Adi Soemarno Solo - Jl. Cenderawasih No. 4, Tanjung Sari, Ngesrep, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali - Jawa Tengah 57375


4). MAN Insan Cendekia Pekalongan

Status: Naik 30 peringkat dari tahun sebelumnya
Jenis sekolah: MAN
Alamat lengkap: Jl. H. Mohamad Chaeron Bayurip Alit, Kecamatan Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan - Jawa Tengah 51139


5). SMAN 8 Jakarta

Status: Turun 2 peringkat dari tahun sebelumnya
Jenis sekolah: SMA
Alamat lengkap: Jl. Taman Bukit Duri No. 2 RW 12, Bukit Duri, Kecamatan Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota  - Jakarta 12840


6). SMA Labschool Kebayoran

Status: Naik 6 peringkat dari tahun sebelumnya
Jenis sekolah: SMA
Alamat lengkap: Jl. KH. Ahmad Dahlan No. 14, RW 1, Kramat Pela, Kecamatan Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota - Jakarta 12130



7). SMAS Kanisius Jakarta

Status: Naik 9 peringkat dari tahun sebelumnya
Jenis sekolah: SMA
Alamat lengkap: Jl. Menteng Raya No. 64, RT 3 / RW 9, Kebon Sirih, Kecamatan Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota - Jakarta 10340



8). SMAN 2 Jakarta

Status: Naik 21 peringkat dari tahun sebelumnya
Jenis sekolah: SMA
Alamat lengkap: Jl. Gajah Mada No 175, RW 5, Keagungan, Kecamatan Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota - Jakarta 11130



9). SMA BPK 1 Penabur Bandung

Status: Turun 4 peringkat dari tahun sebelumnya
Jenis sekolah: SMA
Alamat lengkap: Jl. Darussalam No. 2-6, Pamoyanan, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung - Jawa Barat 40173



10). SMAN 68 Jakarta

Status: Naik 11 peringkat dari tahun sebelumnya
Jenis sekolah: SMA
Alamat lengkap: Jl. Salemba Raya No. 18, RT 3 / RW 6, Kenari, Kecamatan Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota - Jakarta 10430



11). SMAN 8 Yogyakarta

Status: Naik 6 peringkat dari tahun sebelumnya
Jenis sekolah: MAN
Alamat lengkap: Jl Sidobali No. 1, Muja Muju, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165




12). SMAS Unggul Del

Status: Turun 8 peringkat dari tahun sebelumnya
Jenis sekolah: SMA
Alamat lengkap: Jl. YP. Arjuna, Desa Sitoluama, Kecamatan Laguboti, Toba - Sumatera Utara 22381



13). SMAN 1 Yogyakarta

Status: Turun 3 peringkat dari tahun sebelumnya
Jenis sekolah: SMA
Alamat lengkap: Jl. HOS Cokroaminoto No. 10, Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55253



14). SMAN 28 Jakarta

Status: Turun 5 peringkat dari tahun sebelumnya
Jenis sekolah: SMA
Alamat lengkap: Jl. Raya Ragunan No. 33, RW 7, Jati Padang, Kecamatan Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota - Jakarta 12540



15). SMAN 3 Yogyakarta

Status: Turun 8 peringkat dari tahun sebelumnya
Jenis sekolah: SMA
Alamat lengkap: Jl. Yos Sudarso No. 7, RT 05 /. RW 03, Kotabaru, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55224


Ayo sekolah kalian apakah tercantum namanya diatas? Kalau ada kalian patut berbangga, kelak kalian akan ikut berperan mensukseskan agar sekolahnya tetap berada di puncak prestasi. Sedangkan bagi kalian yang berasal dari SMA yang namanya belum tercantum data diatas, tetap semangat dan terus tingkatkan prestasinya.

Selamat belajar dan mempersiapkan pengalaman belajar yang luar biasa di perguruan tinggi. Sukses selalu!

Post a Comment for "Nilai UTBK SMA Terbaik Tahun 2022, Apakah Sekolah Kalian Ada di Sini?"